07 Desember 2011

Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Oleh Komputer


06.21 | ,


Flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer mungkin membuat beberapa dari anda harus gigit jari mengingat barang ini biasa digunakan untuk menyimpan beberapa file kita.
Jika kita tidak mem-backup file penting kita di komputer kita pasti flashdisk yang tidak terdeteksi seperti ini menjadi masalah besar bagi anda. Masalah ini sering dijumpai pada komputer yang penggunaan sumber daya sistemnya (apalagi RAM) cukup tinggi sehingga untuk mendeteksi keberadaan perangkat baru menjadi terganggu.



Berikut langkah – langkah untuk mengatasi flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer (Untuk Windows XP).
  1. Buka menu Add Hardware. Caranya : Start > Control Panel > Add Hardware. Jika menu tersebut belum terlihat, klik ‘Switch to Classic View’ yang ada di menu sebelah kiri.
  2. Setelah itu maka akan muncul kotak dialog yang menuntun kita pada proses pendeteksian hardware, klik ‘Next’.
  3. Selanjutnya sistem akan memeriksa keberadaan hardware baru yang sudah tertancap namun belum terdeteksi. Apabila flashdisk sudah terdeteksi (dikenali), akan muncul salah satu dari beberapa pemberitahuan seperti ini : Pernyataan bahwa USB flashdisk mendukung koneksi USB yang lebih cepat, muncul menu autorun, muncul icon ‘Removable Hardware’ pada sistem tray dan muncul drive baru di windows explorer atau my computer.
  4. Kalau salah satu pemberitahuan sudah terlihat, sudahi  pendeteksian. Klik ‘Cancel’ pada tampilan berikutnya.

Apabila anda sering mengalami flashdisk yang tidak terdeteksi pada komputer, lebih baik anda membuat shortcut di Quick Launch Toolbar agar tidak sering bolak-balik Control Panel.

Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka Control Panel lalu ubahlah tampilannya ke mode ‘klasik’ (switch to classic mode) seperti langkah 1 di atas.
  2. Lalu seret icon add hardware lalu taruh di Quick Launch Toolbar.
  3. Apabila toolbar tersebut belum muncul, anda bisa mengaktifkannya dengan cara klik kanan pada taksbar > klik ‘properties’ > ‘Taksbar’ > beri tanda centang pada ‘Show Quick Launch’.

Berikut tips mengatasi flashdisk yang tidak terdeteksi di komputer anda.

Semoga bermanfaat :)


Baca juga artikel lainnya :


0 komentar:

Posting Komentar