22 Desember 2011

Cara Merawat Hamster


09.35 | , , ,

Bagi anda pencinta binatang peliharaan khususnya hamster, di bawah ini akan saya posting mengenai cara merawat hamster. Sebelum saya menulis cara merawat hamster, ada baiknya saya memberitahu beberapa kesalahan para pemilik hamster newbie atau yang masih baru memelihara hamster.


Berikut kesalahan yang sering dilakukan para newbie tersebut :
  1. Memberi makan hamster dengan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Hal ini sangatlah tidak baik karena pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan yang mengandung kelembaban tinggi. Hal ini akan terbukti dengan kondisi kandang hamster yang lembab dan kotor. Cobalah ganti dengan makanan dengan yang lebih sesuai yaitu makanan yang kering bisa ditemui di petshop atau supermarket. Seperti beberapa merek ini : Hamsfood, XtraVital, Minimal Goods, Hartz, Ultra Blend, Vitakraft, Nutriblocks dan lain-lain. Tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan hamster anda dan keuangan anda.
  2. Memberi makanan tambahan dengan biji matahari atau kuaci secara berlebihan. Mungkin anda tidak mengetahui jika tindakan anda ini justru akan memperburuk kondisi atau bahkan membunuh hamster anda. Meskipun biji matahari merupakan makanan kesukaan hamster, tetapi pemberian secara berlebihan akan berakibat negatif pada hamster. Obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi lambat, kelainan dalam proses kelahiran (disebabkan karena kandungan lemak yang tinggi pada biji matahari). Kasus yang sering terjadi adalah kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini akan menyebabkan keguguran yang bisa merenggut nyawa bayi-bayi hamster anda.
  3. Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Sudah banyak keluhan ketika beberapa orang memberikan susu bubuk atau susu cair manusia kepada hamster akan mengakibatkan bulu hamster menjadi tipis dan rontok. Meskipun belum ada penelitian mengenai hal ini tetapi hal seperti ini patut anda waspadai dan hindari.
  4. Anda sering memberikan snack kepada hamster anda ? Sebaiknya jangan terlalu sering karena akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi pada hamster. Seperti anak kecil, apabila sering dikasih snack maka makanan utamanya tidak akan dimakan. Apabila anda sangat ingin sekali memberi snack lebih dari satu kali dalam seminggu, sebaiknya pilihlah snack dengan tingkat kelembaban renda seperti kacang-kacangan, biscuit, roti, dan lain-lain.

Tips lain untuk anda pahami :
  1. Hamster memperoleh air dari sayur-sayuran. Jika anda tidak sering memberikan sayuran kepada hamster anda maka sediakanlah tempat air minum di dalam kandang yang dijual di petshop. Air untuk minuman hamster juga air yang sudah di masak. Jangan air kran langsung digunakan tanpa dimasak lebih dulu.
  2. Jaga kebersihan kandang hamster, tempat minum, botol susu (jika ada). Ingat ! gunakanlah susu khusus hamster jika anda ingin memberinya susu.
  3. Jangan sampai hamster basah kuyup. Apabila memandikan hamster jangan sampai basah kuyup karena hamster adalah hewan yang sangat sensitif.
  4. Jangan letakan hamster jantan dan betina dalam satu kandang karena akan berakibat mereka berantem di dalam kandang. Kalau anda mau ngawinin mereka, lakukan secara pelan-pelan dan jangan ketika mereka dalam keadaan berantem, mendingan ditunggu sampai mereka baikan baru dikawinin lagi (kaya manusia ajah,, hehehe)
  5. Jangan dijemur terlalu lama karena sebenarnya hamster adalah binatang nocturnal yang hanya aktif di malam hari. Pada siang hari, hamster di alam liar biasa hidup di dalam lubang mereka yang mencapai kedalaman 10-20 meter dan baru keluar untuk makan pada malam hari.
  6. Jangan pisahkan ibu hamster dengan bayi-bayinya. Meskipun banyak pemelihara hamster yang memisah ibu hamster dengan bayi-bayinya, tetapi lebih jangan dipisahkan. Karena ketika dalam keadaan terpisah, bayi akan merasa kedinginan dan tidak mendapatkan air susu. {lagian juga melanggar HAH (hak asasi hamster)} :D

Jika hamster anda di rawat dengan baik maka hamster anda akan kuat seperti ini :

Hamsternya Ade Rai (hihihi)

Oke sekian cara merawat hamster dari saya. Semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih :)

salam :)


Baca juga artikel lainnya :


0 komentar:

Posting Komentar