18 Desember 2011

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Petai


04.42 | , ,


Manfaat dan kerugian mengkonsumsi petai mungkin banyak dari anda yang belum memahaminya. Petai yang juga dikenal dengan nama latin yaitu Parkia Speciosa ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kita yang mengkonsumsinya, tetapi selain itu mengkonsumsi petai juga memiliki dampak negatif jika dikonsumsi dengan berlebihan.








Berikut manfaat dan kerugian mengkonsumsi petai :
1.  Manfaat :
  • Sumber Energi
Jika dibandingkan dengan apel, ternyata petai memiliki 4 kali lebih banyak protein, dua kali lebih banyak karbohidrat, lima kali lebih banyak vitamin A dan zat besi, tiga kali lebih banyak fosfor, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Petai merupakan sumber energi yang baik, yakni 142 kkal per 100 g biji. Petai juga mengandung tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat.
Berikut kandungan di dalam petai :
Fosfor                   : 115 mg/100 g
Vitamin C             : 46 mg/100 g
Vitamin A            : 200 IU/100 g
Zat Besi               : 1,2 mg/100 g 
  • Kendurkan Saraf dan Hilangkan Depresi
Mood dikendalikan oleh sistem kerja otak. Jika anda sering bad mood berarti anda mungkin kekurangan gizi. Kemampuan kerja otak dipengaruhi oleh masukan zat gizi. Salah satu zat gizi yang berperan memperbaiki mood ada triptofan (suatu asam amino esensial yang terkandung di dalam petai)
  • Obat Hati dan Ginjal
Petai juga memiliki antioksidan yang baik sehingga bisa menghalau segala jenis radikal bebas yang sekarang ini mudah sekali ditemukan di kehidupan kita. Seperti produk pangan, terutama produk yang digoreng atau dibakar.
  • Menurunkan Resiko Kematian Akibat Stroke
Inilah manfaat petai yang luar biasa. Jika mengalami PMS (premenstrual syndrome) yaitu sindroma menjelang datangnya mentruasi, seseorang tidak perlu untuk meminum obat apapun, cukup atasi dengan memakan petai. Vitamin B6 yang terdapat di dalam petai dapat mengatur kadar gula darah, sehingga akan membangkitkan mood dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi (1,2 mg/100g), petai juga menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
  • Menjaga Saluran Pencernaan
Petai mengandung serat dietary fibers membuat petai sangat baik untuk saluran pencernaan. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung. Selain itu petai juga sangat baik untuk menjaga suhu tubuh.

2.   Kerugian :
  • Bagi ginjal
Petai juga dapat merugikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi petai secara berlebihan akan berbahaya bagi ginjal karena mengandung asam amino. Seperti kita ketahui asam amino merupakan komponen penting dalam penyusunan protein, tetapi apabila dalam jumlah banyak maka akan dibuang melalui ginjal dan akibatnya protein yang berat molekulnya besar akan merusak saringan pada ginjal dan akibatnya akan ditemukan protein dalam urine. Gejala ini dinamakan proteinuria.
  • Air Kencing dan Kentut
Memakan petai terlalu banyak juga berdampak pada air kencing yang beraroma tidak sedam. Hal ini disebabkan asam amino kaya akan unsur Nitrogen dan unsur Sulfur yang akan diubah menjadi gas Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) yang menyebabkan kentut bau.  Baca artikel info tentang kentut disini.
  • Dan yang terakhir adalah MENYEBABKAN BAU MULUT !

Sekian artikel tentang manfaat dan kerugian mengkonsumsi petai.
Semoga bermanfaat :)


Baca juga artikel lainnya :


4 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
princess tarisa beautiful mengatakan...

Terimaksih..atas info2 yg pasti bermanfaat banget buat saya karena kebetulan sekali saya bagai predator pete...

Unknown mengatakan...

Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Manfaat petai untuk kesehatan berikut artikel yang terkait tersebut di MANFAAT PENTING PADA PETAI UNTUK KESEHATAN TUBUH

NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

Unknown mengatakan...

Artikelnya kurang akurat..

Posting Komentar