04 Januari 2012

Dampak Negatif Memakai High Heels


22.51 | , ,


Kebanyakan para wanita sangat menyukai memakai high heels, karena membuat para wanita tersebut terlihat lebih anggun dan menarik ketika dipandang. Tetapi perlu anda ketahui bahwa terdapat dampak negatif pemakaian high heels bagi tubuh. Bayangkan saja ketika anda melangkah satu kali dengan menggunakan high heels, 25% dari berat badan harus disangga oleh kaki anda. Dalam keadaan keadaan normal, 50% berat tubuh disangga oleh tumit, 15% oleh ibu jari, 35% oleh sisanya. Ketika anda menggunakan high heels, berat badan tubuh yang tidak disangga dengan semestinya, yang pada akhirnya akan menyebabkan nyeri atau sakit pada kaki.

Efek buruk yang sering terjadi adalah bengkak pada jari kaku sehingga mengakibatkan peradangan, terutama pada ibu jari. Ketika pusat gravitas bergerak maju ke arah ujung kaki, jempol kaki akan membagi tumpuannya pada kaki kedua, dalam jangka waktu lama hal ini akan berimbas pada membengkak dan meradangnya jaringan dikitarnya.

Pembengkakan pada ibu jari memiliki tingkat kekambuhan rendah setelah osteotomy, yakni dengan meluruskan tulang ibu jari dan jaringan di sekitarnya dan setelah dua atau tiga bulan masa penyembuhan, anda bisa kembali menggunakan sepatu biasa.

Untuk menghindari pembengkakan ketika memakai high heels, lebih baik gunakan high heels dengan tinggi tidak lebih dari 5 cm atau tidak menggunakan high heels selama lebih dari dua jam. Karena high heels memaksa massa tubuh untuk bergerak ke depan, hal tersebut akan berefek tidak hanya pada kaki tetapi juga tulang belakang karena saat menggunakan high heels kerja tulang belakang akan berat untuk menjaga keseimbangan. Gangguan pada keseimbangan akan berakibat pada nyeri atau sakit pada tulang belakang dan sciatica atau linu pinggul. Sebaiknya ketika anda memakai high heels, sesekali lepaskan high heels untuk memberikan kaki ruang untuk bernafas, meskipun hanya sebentar.

Demikian artikel tentang dampak negatif memakai high heels. Baca juga artikel tentang dampak negatif memakai softlens.


Baca juga artikel lainnya :


0 komentar:

Posting Komentar