05 Januari 2012

Tahapan Menyimak


11.42 | , ,




Perlu anda ketahui ada perbedaan antara menyimak dan mendengar. Jika mendengar mungkin hanya sepintas atau dilakukan secara tidak sengaja, tetapi menyimak merupakan sebuah kegiatan yang terdapat unsur mendengarkan namun dengan menggunakan sebuah konsentrasi yang cukup. Kali ini saya akan mencoba memberikan sebuah informasi mengenai tahapan menyimak. Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam menyimak :


1.  Mendengarkan
Penyimak berusaha menangkap pesan pembicara yang sudah diterjemahkan dalam bentuk bunyi bahasa. Untuk menangkap bunyi bahasa itu diperlukan telinga yang peka dan perhatian yang terpusat. 
2.  Mengidentifikasi
Bunyi yang sudah ditangkap perlu diidentifikasi, dikenali dan dikelompokkan menjadi suku kata, kelompok kata, kalimat, paragraf atau wacana. Pengidentifikasian kata bahasa akan semakin sempurna apabila penyimak memiliki kemampuan linguistik (bahasa).

3.  Menginterpretasi
Kemudian, bunyi bahasa itu perlu diinterpretasikan (diartikan) maknanya. Perlu diupayakan agar interpretasi makna ini sesuai atau mendekati makna yang dimaksudkan oleh pembicara.

4.  Memahami
Setelah proses penginterpretasian makna selesai, maka penyimak dituntut untuk memahami atau menghayati makna itu. Hal ini sangat perlu untuk langkah berikutnya yaitu penilaian.

5.  Penilaian
Makna pesan yang sudah dipahami kemudian ditelaah, dikaji, dipertimbangkan, dikaitkan dengan pengalaman, dan pengetahuan penyimak. Kualitas hasil penilaian sangat tergantung pada kualitas pengetahuan penyimak.

6.  Menanggapi
Tahap terakhir yaitu menanggapi makna pesan yang telah ditangkap. Tanggapan atau reaksi penyimak terhadap pesan yang diterimanya dapat berwujud berbagai bentuk seperti mengangguk tanda setuju ataupun menggelengkan kepala tanda tidak setuju. 

Mungkin cukup sekian artikel tentang tahapan menyimak dari saya.
Semoga bermanfaat.


Baca juga artikel lainnya :


1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih untuk posnya, berguna sekali. semangat terus.

Posting Komentar